Minggu, 26 Agustus 2012

Penataan Barang Bawaan yang Baik dan Benar


Pergi mudik bersama keluarga pastinya membawa barang bawaan yang tidak sedikit. Dan  barang bawaan bisa menjadi salah satu potensi tidak amannya perjalanan mudik Anda. Ya perjalanan mudik Anda akan berubah menjadi senuah bencana, jika Anda tidak melakukan penataan barang dengan baik dan benar. Keterbatasan kapasitas bagasi mobil yang terkadang memaksa pemudik memaksa memasukan seluruh barang bawaan, tanpa memikirkan unsur keamanan dan kenyamanan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya memperkirakan jumlah barang bawaan Anda dan sesuaikan dengan kapasitas bagasi mobil Anda. Untuk lebih detailnya, simak beberapa tips penataan barang bawaan yang baik dan benar berikut ini:
  1. Tentukan tujuan dan rute perjalanan yang akan Anda tempuh. Hal ini akan membantu Anda mempermudah menentukan barang apa saja yang harus terangkut di dalam mobil
  2. Setelah itu, buatlah daftar barang bawaan, dan mulailah menginventarisir. Penyesuaian barang bawaan dengan kapasitas bagasi menjadi penting untuk mengeleminir resiko  buruk, jika mobil harus bermanuver atau melakukan pengereman mendadak.
  3. Klasifikasikan barang bawaan Anda dalam 2 kategori, barang yang tidak akan dipakai selama perjalanan (oleh-oleh, pakaian selama berlibur dll). Kedua, barang yang kemungkinan Anda butuhkan selama perjalanan (baju ganti, obat-obatan, cemilan, buku bacaan, atau piranti gadget untuk hiburan Anda selama perjalanan)
  4. Tempatkan barang kategori kedua ditempat yang mudah terjangkau, sehingga Anda tidak perlu melakukan bongkar muat barang bawaan Anda berulang-ulang.
  5. Bagi beban barang bawaan dengan meratakan barang dibagasi. Untuk barang bawaan yang berat, posisikan di bagian paling bawah.
  6. Maksimalkan bagian kolong jok, untuk menempatkan barang bawaan yang tidak terlalu besar (sepatu,sandal)
  7. Jangan meletakan barang bawaan dengan bertumpuk dan menutupi visibilitas pengemudi untuk melihat kaca belakang melalui spion.
  8. Gunakan cargo net untuk melindungi barang bawaan Anda agar tidak berantakan.Atas alasan keselamatan, bila tidak terpaksa jangan meletakan barang bawaan dibagian atas mobil. Seandainya terpaksa pun ada baiknya pergunakan roofrack yang banyak dijual di pasaran. Pastikan memilih roofrack yang anti air dengan pengamanan yang cukup baik (daihatsu-jogja).

     

0 komentar:

Posting Komentar